Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa, siswa
cenderung pasif dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran masih terpusat
pada guru dan kurang tepat guru dalam menerapkan model pembelajaran yang
dapat melatih melatih kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kreativitas. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.
Popuulasinya adalah siswa kelas IV SD 112307 Aek Pamingke yang terdiri dari
satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas
adalah model pembelajaran Project Based Learning, variabel terikat adalah
kreativitas belajarsiswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test
yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini
menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berarti
0,000 0,05. Maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh
Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa
Kelas IV di SD 112307 Aek Pamingke