dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikan metode pembelajaran Learning Start With a Question terhadap
kreativitas belajar siswa SDN 101744 desa klambir. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen.Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling jenuh yaitu
kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol, kelas
eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas kontrol berjumlah 25 orang. Kelas
eksperimen diberikan perlakuan metode pembelajaran Learning Start With a
Question sesangkan kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan
pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah performance
test. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan nilai rata-rata kelas
eksperimen sebesar 87,39 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 60,48,
dimana 87,39 > 60,48. Artinya kreativitas belajar siswa kelas eksperimen lebih
besar dibandingkan dengan kreativitas belajar siswa kelas kontrol. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran
Learning Start With a Question terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV SDN
101744 Desa Klambir |
en_US |