dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses pembelajaran
khusunya pada mata Pelajaran IPA dan beberapa hal lainnya salah satunya guru lebih
sering menggunakan metode ceramah pada saat proses pembelajaran yang
mengakibatkan siswa menjadi jenuh, bosan, tidak fokus hingga berkelahi selama
proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui
keterampilan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan
sebelum menggunakan metode pembelajaran SAVI, 2) Untuk mengetahui
keterampilan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan
sesudah menggunakan metode pembelajaran SAVI, 3) Untuk mengetahui pengarus
metode SAVI dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas V SD
Muhammadiyah 21 Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli- Agustus 2023.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 21
Medan sebanyak 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 23
siswa dan kelas VB sebanyak 17 siswa. Sampel pada penelitian adalag kelas VA
sebanyak 23 siswa, dengan Teknik sampe pada penelitian ini adalah Teknik sampling
jenuh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Instrumen
dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah : 1) uji validasi ahli berupa lembar observasi, 2) Uji
hipotesis berupa Paired sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode
SAVI terhadap keterampilan proses pembelajaran IPA siswa kelas VA SD
Muhammadiyah 21 Medan. Hal ini terlihat dari data analisis hipotesis dengan uji
Paired sample t-Test. Menggunakan SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat
perbedaan yang signifikan dapat dilihat bahwa nilai signifikan sebesar .000 yang mana
0,000 < 0.005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan adanya perbedaan
sebelum dan sesudah menggunakan metode SAVI dalam keterampilan proses
pembelajaran IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan |
en_US |