Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih kurang penalaran
terhadap pembelajaran matematika sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil
belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas V SD
Muhammadiyah 19 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V yang berjumlah 31 Siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik sampel jenuh ini merupakan Teknik
sampel jika semua anggota populasi relatif sedikit. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 31 siswa dengan hanya mengambil 1 kelas yaitu kelas V sebagai kelas
eksperimen. Instrument penelitian ini menggunakan lembar tes. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian Pre-eksperimental design dengan menggunakan desain
penelitian One-Group Pretest-Postest yang hanya dilakukan pada satu kelompok
tanpa adanya kelompok pembanding. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa metode pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa, karena pada analisis uji t diperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05,
maka Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran
SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan. Hasil
dari Pre-test yang diberikan sebelum menggunakan perlakuan hanya 17 siswa yang
memenuhi KKM dan 14 siswa belum memenuhi KKM. Sedangkan hasil dari post
test yang diberikan setelah menggunakan perlakuan seluruh nya sudah memenuhi
standart KKM yaitu 31 siswa. Maka terdapat pengaruh metode pembelajaran SQ3R
terhadap hasil belajar kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan