dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi oleh siswa
kelas III SD Negeri 112321 Kampung Pajak. Penelitian ini akan dilaksanakan di
kelas III SD Negeri 112321 Kampung Pajak yang beralamat di Jalan Lintas
Sumatera Utara, Pulo Jantan, Kec Na IX-X, Kab Labuhan Batu Utara, Provinsi
Sumatera Utara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kelas
Kontrol, berdasarkan perhitungan nilai siswa yang sudah memenuhi KKM adalah
sebanyak 9 orang siswa sedangkan yang belum memenuhi KKM adalah sebanyak
6 orang siswa. Berdasarkan tabel frekuensi di atas diperoleh bahwa nilai 80-100
adalah sebanyak 3 siswa, nilai 70-79 sebanyak 2 siswa, nilai 60-69 sebanyak 4
siswa, nilai 40-59 sebanyak 5 siswa, nilai 0-39 sebanyak 1 siswa. Pada kelas
Eksperimen, berdasarkan perhitungan nilai siswa yang sudah memenuhi KKM
adalah sebanyak 19 orang siswa sedangkan yang belum memenuhi KKM adalah
sebanyak 1 orang siswa. Berdasarkan tabel frekuensi di atas diperoleh bahwa nilai
94-100 adalah sebanyak 6 siswa, nilai 86-93 sebanyak 3 siswa, nilai 78-85
sebanyak 10 siswa, nilai 70-77 sebanyak 1 siswa, nilai 62-69 sebanyak 0 siswa.
Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Consept Sentence terhadap Ketrampilan
menulis puisi Siswa berdasarkan hasil perhitungan pada taraf signifikan 5%
diperoleh nilai thitung sebesar 2.412. Sedangkan untuk ttabel Pada N=35-2 yaitu
1,692. Maka thitung 2.412 > ttabel 1,692. |
en_US |