DSpace Repository

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author JULEHA, SITI
dc.date.accessioned 2023-11-27T00:32:02Z
dc.date.available 2023-11-27T00:32:02Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22960
dc.description.abstract Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan yaitu metode dalam model pembelajaran pendidikan agama islam, juga ditandai dengan tidak berkembangnya model pembembejaran, hasil analisis model pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan metode deskriptif. Penyebab dari fenomena diatas yaitu guru masih belum memberikan metode yang tepat. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru, salahsatunya adalah metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan penggunaan metode deskriptif (2) Analisis model pembelajaran, dan (3) tidak berkembangnya model pembelajaran baru. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran yang digunakan sudah cukup baik dan anak didik mengikuti model pembelajaran yang telah dirancang oleh guru. Akan tetapi model pembelajaran yang digunakan masih sangat umum,seperti; model diskusi, tugas, eksperimen, demonstrasi, dan simulasi. Model pembelajaran yang sangat monoton dan mengacu hanya kepada guru. Belum ada inspirasi model pembelajaran baru. Dari berbagai macam dan banyaknya model pembelajaran baru seperti model discoveri learning, model problem base learning, model berbasis project, dan lain sebagainya tapi hal demikian tidak diterapkan di SMP Muhammadiyah 7 Medan dan hal ini menjadi alasan peneliti untuk menguak penyebab permasalahan yang ada yang menyebabkan tidak terlaksananya model pembelajaran baru tersebut. Berdasarkan penelitian, hasil penggunaan model pembelajaran ini mencerminkan dampak positif dari penggunaan model pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Peningkatan nilai, partisipasi aktif siswa, dan peningkatan minat mereka adalah bukti kesuksesan model pembelajaran yang diterapkan. Namun, perjalanan menuju pembelajaran yang lebih baik harus tetap berlanjut dengan kolaborasi antara guru, siswa, orang tua, dan rekan-rekan guru sebagai kunci keberhasilannya. en_US
dc.subject Analisis, Model, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account