Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa karena
kurangnya kemampuan dalam membaca siswa di Kelas I SD Swasta PAB 10
Sampali, karena media yang digunakan oleh guru hanya terbatas pada buku dan
papan tulis. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana
peningkatan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali,
bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan
media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD Swasta PAb 10
Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca
siswa dengan menggunakan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia Kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada
semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas I SD Swasta PAB 10nSampali yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15
laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik tes dan
non tes. Instrument penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis
data yan dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan
bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas I SD Swasta PAB 10 Sampali. Pada siklus I hasil keterampilan
membaca siswa yang memenuhi KKM sebanyak 16 siswa (64%). Pada siklus II
hasil keterampilan membaca siswa yang memenuhi KKM sebanyak 20 siswa
(80%). Dengan demikian ada peningkatan dari siklus I dan Siklus II sebanyak 4
siswa (16%). Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga
meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya,
menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat