DSpace Repository

PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SYARIFAH, LUBIS
dc.date.accessioned 2023-11-25T03:39:29Z
dc.date.available 2023-11-25T03:39:29Z
dc.date.issued 2023-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22881
dc.description.abstract Komunikasi ialah suatu tindakan atau perilaku yang sangat penting di dalam emmelihara, membentuk, meningkatkan suatu kualitas hubungan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan Percon Centered Therapy ini adalah proses pemberian bantuan kepada sejumlah individu dengan melakukan tatap muka atau secara langsung dengan menggunakan pendekatan untuk mendapatkan informasi yang akan dibahas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan layanan konseling individual menggunakan pendekatan Person Centered Therapy untuk meningkatkan etika komunikasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, dan wali kelas dan objek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII yang mengalami rendahnya etika komunikasi dengan guru maupun dengan teman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik dalam analisis data dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Centered Therapy pada siklus I siswa di kelas VIII SMP Negeri 23 Medan berjalan dengan lancar. Pada siklus II menunjukkan adanya perubahan dalam beretika saat berkomunikasi dengan orang lain. Pada siklus II ini siswa sudah mulai dapat berkomunikasi yang baik kepada orang lain. Dengan berdasarkan hasil obsrvasi dan wawancara yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II peneliti dapat menyatakan bahwa layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan Person Centered Therapy dapat meningkatkan etika komunikasi siswa. en_US
dc.subject Layanan Konseling Kelompok en_US
dc.subject Pendekatan Person Centered Therapi en_US
dc.subject Etika Komunikasi Siswa en_US
dc.title PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account