Abstract:
Komunikasi ialah suatu tindakan atau perilaku yang sangat penting di
dalam emmelihara, membentuk, meningkatkan suatu kualitas hubungan antara
manusia satu dengan manusia lainnya. Layanan konseling individual dengan
menggunakan pendekatan Percon Centered Therapy ini adalah proses pemberian
bantuan kepada sejumlah individu dengan melakukan tatap muka atau secara
langsung dengan menggunakan pendekatan untuk mendapatkan informasi yang
akan dibahas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan
layanan konseling individual menggunakan pendekatan Person Centered Therapy
untuk meningkatkan etika komunikasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23
Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, dan wali kelas dan
objek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII yang mengalami rendahnya
etika komunikasi dengan guru maupun dengan teman. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun
teknik dalam analisis data dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan layanan konseling individual dengan pendekatan
Person Centered Therapy pada siklus I siswa di kelas VIII SMP Negeri 23 Medan
berjalan dengan lancar. Pada siklus II menunjukkan adanya perubahan dalam
beretika saat berkomunikasi dengan orang lain. Pada siklus II ini siswa sudah
mulai dapat berkomunikasi yang baik kepada orang lain. Dengan berdasarkan
hasil obsrvasi dan wawancara yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II
peneliti dapat menyatakan bahwa layanan konseling individual dengan
menggunakan pendekatan Person Centered Therapy dapat meningkatkan etika
komunikasi siswa.