dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa
di kelas III SD Negri 065005 Medan, karena model dan media pembelajaran yang
digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada
penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model pembelajaran tipe Cooperative
Integrated Reading Compotion (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca
pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 065005 Medan
Tahun ajaran 2023/2024
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua
siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 065005 Medan yang
berjumlah 28 siswa yang terdiri 15 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa tes dan
lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa
pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 065005 Medan.
Hasil keterampilan membaca diterapkan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading Composition (CIRC) terdapat 7 siswa yang tuntas dengan
persentase ketuntasan 25% dan siswa yang tidak tuntas 21 siswa dengan persentase
ketuntasan 75%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat
16 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 57,%, dan siswa yang tidak
tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 43%, berarti ada peningkatan
tindakan di siklus I sebanyak 10 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami
peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 26 siswa yang tuntas dengan persentase
ketuntasan 93%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 7%. Dengan
demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa.
Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini
ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab
pertanyaan dan mengemukakan pendapat |
en_US |