DSpace Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BINJAI KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ANINDYA, INDRIE AMBARSARI
dc.date.accessioned 2023-11-25T02:42:13Z
dc.date.available 2023-11-25T02:42:13Z
dc.date.issued 2023-09-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22871
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan konseling individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy (CBT). Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan konseling individual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa siswa yang mengalami kecerdasan emosional ditinjau dari beberapa indikator antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy. (2) terdapat perbedaan yang signifikan keverdasan emosional siswa pada kelompok kontrolsebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan konseling individual. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment). en_US
dc.subject Konseling Individual en_US
dc.subject Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BINJAI KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account