Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional
pada siswa SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Adapun dilakukannya penelitian ini
ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kecerdasan
emosional pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan layanan konseling individual menggunakan pendekatan cognitive
behavior theraphy (CBT). Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan dengan layanan konseling individual. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang
mengalami kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa
siswa yang mengalami kecerdasan emosional ditinjau dari beberapa indikator
antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan
sosial. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji
analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian
berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan
yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen sebelum
(pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan individual menggunakan
pendekatan cognitive behavior theraphy. (2) terdapat perbedaan yang signifikan
keverdasan emosional siswa pada kelompok kontrolsebelum (pretest) dan sesudah
(posttest) dengan layanan konseling individual. (3) terdapat perbedaan yang
signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).