dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga
terhadap partisipatif siswa kelas IV SD Muhammadiyah 25 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kelompok one group pretest postest design. Populasi dalam plitianini adlah eluruh siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 25 Medan yang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan yaitu sampling jenuh yang mana semua aggota populasi
digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan lembar obserasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai rata-rata siswa yang menggunakan permainan ular tangga dibandingkan
dengan tanpa menggunakan permainan ular tangga yaitu 83 berbanding 53,6.
Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan permainan ular tangga
68,sedangkanilai tertinggi siswa setelah menggunakan permainan ular tangga
adalah 92. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan hipotesis
menggunaka uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh
hasil nilai sig (-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan Hα diterima
dan Ho ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest yang demikian dapat
dinyatakan terdapat pengaruh permainan ular tangga terhadap partisipatif siswa
kelas IV SD Muhammadiyah 25 Medan. |
en_US |