Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca siswa Kelas II
SD Swasta PAB 10 Sampali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan metode Silaba di kelas II SD
Swasta PAB 10 Sampali, untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sesudah
menggunakan metode Silaba di kelas II SD Swasta PAB 10 Sampali dan untuk
mengetahui pengaruh metode Silaba terhadap keterampilan membaca siswa kelas
II SD Swasta PAB 10 Sampali. Desain penelitian yang dipergunakan oleh peneliti
adalah Pre-Experimental jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca siswa sebelum
menggunakan Metode Silaba memiliki nilai rata-rata sebesar 77,40 dengan
kategori tinggi. Adapun siswa yang memenuhi nilai KKM hanya 16 orang siswa
dan 11 orang lagi ternyata belum memenuhi nilai KKM. Keterampilan membaca
siswa setelah menggunakan Metode Silaba memiliki nilai rata-rata sebesar 94,80
dengan kategori sangat tinggi. Siswa setelah menggunakan metode tersebut
mengalami peningkatan dan mayoritas siswa sudah memenuhi nilai KKM
sebanyak 26 siswa dan hanya 1 siswa yang belum memenuhi nilai KKM.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan peneliti pada (uji t)
perhitungan menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung
sebesar 2,528, sedangkan untuk ttabel pada N = 27 -2, itu adalah 1,708. Maka thitung
2,528 > ttabel 1,708. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode
Silaba terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Swasta PAB 10
Sampali. Dengan penerapan metode Silaba diharapkan mampu menghasilkan
siswa yang mampu memiliki kemampuan membaca yang baik dalam proses
pembelajaran.