DSpace Repository

Pengaruh Model Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Terpadu Muhammdiyah 36 Medan. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikakan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2023.

Show simple item record

dc.contributor.author Azzarah, Nurhalimah
dc.date.accessioned 2023-11-24T14:00:49Z
dc.date.available 2023-11-24T14:00:49Z
dc.date.issued 2023-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22806
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh guru sehingga berdampak kepada rendahnya kemampuan berargumentasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berargumentasi siswa di kelas kontrol pada siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, bagaimana kemampuan berargumentasi siswa pada kelas eksperimen pada siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan bagaimana pengaruh penggunaan model argument driven inquiry terhadap kemampuan berargumentasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berargumentasi siswa di kelas kontrol pada siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, untuk mengetahui kemampuan berargumentasi siswa di kelas eksperimen pada siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. untuk mengetahui pengaruh penggunaan model argument driven inquiry terhadap kemampuan berargumentasi siswa di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V-A dan V-B SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 56 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunnakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (model pembelajaran argument driven inquiry) diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 38,68 dan post-test sebesar 84,69, sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) diperoleh hasil rata-rat pre-test sebesar 34,82 dan post-test sebesar 76,79. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran argument driven inquiry memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam kemampuan berargumentasi. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,001, yang mana 0,001 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model argument driven inquiry terhadap kemampuan berargumentasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan en_US
dc.subject Argument Driven Inquiry (ADI) en_US
dc.subject Argumentasi en_US
dc.title Pengaruh Model Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Terpadu Muhammdiyah 36 Medan. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikakan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2023. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account