Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D).
Adapun hasil penelitian menunjukkan pengembangan LKPD Perbandingan dan
Skala berbasis Problem Based Learning dikembangkan dengan memperhatikan
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan
pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 2 kelas IV dan ditambahkan dengan
tahapan-tahapan pembelajaran Problem Based Learning. LKPD yang
dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli
bahasa, dan di uji coba pada siswa SD kelas IV di SD Negri 066662 Medan
Denai. Kualitas LKPD berbasis Problem Based Learning telah mencapai standar
kelayakan pembelajaran dari hasil penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media
dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis penilaian LKPD oleh dosen ahli
materi, bahasa, dan media dengan memperoleh skor rata-rata 90% maka LKPD
yang dikembangkan memiliki kualitas baik dan dapat dijadikan sebagai salah satu
alat bantu dalam pembelajaran tematik. Dari hasil angket respon peserta didik
menunjukan kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 90% yang
berarti LKPD ini memenuhi kategori valid dan praktis digunakan sebagai salah
satu bahan ajar bagi peserta didik SD khususnya di Kelas IV.