DSpace Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH O1 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author S, RESYA PUTRI ANANDA
dc.date.accessioned 2023-11-24T02:18:18Z
dc.date.available 2023-11-24T02:18:18Z
dc.date.issued 2023-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22726
dc.description.abstract Harding, Kaczynski dan Wood (Charman, 2005) menyebutkan bahwa, Blended learning merupakan penggabungan pembelajaran tatap muka konnvensional dan pembelajaran jarak jauh dengan sumber belajar online dilengkapi pilihan media yang dapat diakses dari internet. Sementara Semler (2005) menjelaskan blended learning sebagai pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh yang dimaksud dalam hal ini adalah pembelajaran secara online. Blended learning merupakan program pendidikan formal yang memungkinkan peserta didik belajar melalui konten dan petunjuk belajar yang disampaikan secara online, baik sebagian atau sepenuhnya (Staker, 2012). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan kelas III C di SD Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa media podcast memiliki pengaruh terhadap efektivitas proses belajar secara Blended Learning di SD Muhammadiyah 01 Medan. Terbukti pada hasil posttest yang diperoleh kelas eksperimen menunjukan rata-rata nilai sebesar 85,03, sedangkan kelas kontrol menunjukan rata-rata nilai sebesar 77,81. Berdasarkan uji hipotesis Independent Sample t Test data postest kedua kelas tersebut memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dibanding nilai taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perhitungan data menggunakan SPSS versi 20 menunjukan bahwa terdapat pengaruh media podcast terhadap efektivitas proses belajar secara Blended Learning di SD Muhammadiyah 01 Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan adanya pengaruh media podcast terhadap efektivitas proses belajar secara Blended Learning di SD Muhammadiyah 01 Medan dapat dikemukan saran yaitu, sebaiknya guru mata pelajaran mengenai materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup dapat menggunaan media podcast sebagai salah satu media yang efektif diterapkan dalam pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian secara mendalam agar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Blended Learning en_US
dc.subject Pengaruh Media en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH O1 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account