DSpace Repository

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIII DI SMPN 7 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SANI, LIA ZURIAH
dc.date.accessioned 2023-11-23T12:39:58Z
dc.date.available 2023-11-23T12:39:58Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22684
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah prestasi belajar matematika pada peserta didik dalam materi lingkaran dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual?”. Prestasi belajar adalah perubahan perilaku peserta didik yang terjadi setelah mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan dalam domain kognitif, efektif dan psikomotorik. Banyak pendekatan dan metode yang digunakan untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Kontekstual adalah model pembelajaran yang menghubungkan siswa dengan dunia nyata dan materi-materi yang guru ajarkan dapat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 7 MEDAN. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK atau Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran dikelas secara lebih professional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 MEDAN selama kurang lebih 2 minggu, yaitu pada tanggal 21 Juli sampai 2 Agustus 2023. Subjek dalam penelitian ini meliputi 36 siswa kelas VIII III SMPN 7 MEDAN. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajarann kontekstual dalam pembelajaran matematika pada konsep lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 7 MEDAN . Pada siklus I yang siswa tuntas 66,66% (24 siswa) dan yang tidak tuntas 33,33% (12 siswa) dengan rata-rata 69,5%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 88,88% (34 siswa) dan yang tidak tuntas 11,11% (4 siswa) dengan nilai rata-rata 83,83%. Dengan demikian target penelitian telah tercapai. en_US
dc.subject Kontekstual en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIII DI SMPN 7 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account