Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah prestasi belajar matematika pada
peserta didik dalam materi lingkaran dapat ditingkatkan melalui pendekatan
kontekstual?”. Prestasi belajar adalah perubahan perilaku peserta didik yang
terjadi setelah mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan dalam
domain kognitif, efektif dan psikomotorik. Banyak pendekatan dan metode yang
digunakan untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah
dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Kontekstual adalah model
pembelajaran yang menghubungkan siswa dengan dunia nyata dan materi-materi
yang guru ajarkan dapat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Adapun
tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pendekatan kontekstual pada materi
lingkaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 7
MEDAN. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK atau
Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek
pembelajaran dikelas secara lebih professional. Penelitian ini dilaksanakan di
SMPN 7 MEDAN selama kurang lebih 2 minggu, yaitu pada tanggal 21 Juli
sampai 2 Agustus 2023. Subjek dalam penelitian ini meliputi 36 siswa kelas VIII III SMPN 7 MEDAN. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajarann kontekstual dalam pembelajaran matematika
pada konsep lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 7 MEDAN .
Pada siklus I yang siswa tuntas 66,66% (24 siswa) dan yang tidak tuntas 33,33%
(12 siswa) dengan rata-rata 69,5%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas
88,88% (34 siswa) dan yang tidak tuntas 11,11% (4 siswa) dengan nilai rata-rata
83,83%. Dengan demikian target penelitian telah tercapai.