Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berdiskusi siswa sebelum
menerapkan pendekatan Conferencing pada pelajaran IPA siswa kelas V SD
Negeri 200103 Padang Sidempuan, untuk mengetahui kemampuan berdiskusi
siswa sesudah menerapkan pendekatan Conferencing pada pelajaran IPA siswa
kelas V SD Negeri 200103 Padang Sidempuan, untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berdiskusi siswa pada materi IPA setelah menerapkan pendekatan
Conferencing kelas V SD Negeri 200103 Padang Sidempuan. Adapaun penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan, maka pada saat pre test sebanyak 13 orang siswa yang
belum tuntas atau 48,1% dan 14 orang dinyatakan tuntas atau 51,9%.
Keterampilan berdikusi siswa dengan menggunakan pendekatan conferencing
pada siklus I belum memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM
sebanyak 3 orang siswa, dan 24 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM.
Keterampilan berdikusi siswa dengan menggunakan pendekatan conferencing
pada siklus II sudah memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM
sebanyak 26 orang siswa, dan 1 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM.
Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata siklus I sebesar 64,96 dan rata-rata
siklus II sebesar 84. Sehingga diperoleh gain 54,4%. Artinya V SD Negeri
200103 Padang Sidempuan mengalami peningkatan keterampilan berdikusi
dengan kategori sedang karena berada pada 31-70%.