dc.description.abstract |
Media berasal dari bahasa latin yaitu medius yang beararti “tengah”,
perantara atau “pengantar”. Guru menggunakan media sebagai perantara dalam
menyampaikan materi agar dapat dipahami oleh peserta didiknya dengan baik
dan untuk mempermudah pendidik dalam penyampaian materi dan membuat
peserta didik lebih antusias dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini
dilator belakangi karena siswa kurang mampu untuk memecahkan permasalahan
yang ada dalam IPA. Hal ini jelas berpengaruh terhadap hasil dari proses
pembelajaran yang terjadi. Selain itu karena tuntutan kurikulum yang harus
dicapai dengan maksimal menjadikan guru harus fokus terhadap target ketuntasan
dari pembelajaran yang harus dicapai dengan menyelesaikan materi yang ada
tanpa menghiraukan pemahaman secara menyeluruh dan penguasaan materi dari
setiap siswanya. Penelitian ini bertujuan utuk mengatahui hasil belajar siswa kelas
IV SDN 173569 Hutanamora kecamatan Silaen sebelum dan sesudah menerapkan
media permainan Ular Tangga dan mengetahui pengaruh media Ular Tangga
terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 173569 Hutanamora. Metode penelitian
ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas IV SDN
173569 Hutanamora yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan sampel jenuh. Variabel terikat adalah pengaruh media Ular Tangga
sebagai media permainan, variabel bebas adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN
173569 Hutanamora. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis
mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0,05, maka Ha
diterima. Maka dari itu dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa benar
terdapat pengaruh media permainan Ular Tangga terhadap hasil belajar IPA kelas
IV SDN 173569 Hutanamora. |
en_US |