DSpace Repository

Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matemtika Siswa Mts Negeri Batu Bara T.P 20192020

Show simple item record

dc.contributor.author Aulia, Nurul
dc.date.accessioned 2020-02-29T06:40:09Z
dc.date.available 2020-02-29T06:40:09Z
dc.date.issued 2019-10-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/225
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana hasil pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas VIII MTs Negeri Batu Bara ? dan apakah ada pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas VIII MTs. Negeri Batu Bara ? . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir krreatif matematika pada siswa Kelas VIII MTs. Negeri Batu Bara T.P 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu dengan desain Randomized Subjects pretest-postest Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Negeri Batu Bara yang terdiri dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Reciprocal Teaching yang berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Tes tertulis tersebut berbentuk tes uraian yang berisikan soalsoal yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 35,6 dan kelas kontrol sebesar 34,7. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol sebesar 76,233. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung yaitu ,8 2963 dan ttabel yaitu 1,67155, diketahui bahwa thitung > ttabel (8,2963 >1,67155), ini berarti ditolak dan diterima dengan taraf signifikan α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs. Negeri Batu Bara T.P 2019/2020. en_US
dc.subject Model Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreatif en_US
dc.title Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matemtika Siswa Mts Negeri Batu Bara T.P 20192020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account