Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana hasil pembelajaran
dengan menggunakan model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir
kreatif matematika kelas VIII MTs Negeri Batu Bara ? dan apakah ada pengaruh
model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika
kelas VIII MTs. Negeri Batu Bara ? . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir krreatif
matematika pada siswa Kelas VIII MTs. Negeri Batu Bara T.P 2019/2020. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu dengan
desain Randomized Subjects pretest-postest Control Group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Negeri Batu Bara yang terdiri
dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 sebagai kelas
kontrol dengan menggunakan model ekspositori yang berjumlah 30 siswa dan
siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model
Reciprocal Teaching yang berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini
adalah tes tertulis. Tes tertulis tersebut berbentuk tes uraian yang berisikan soalsoal
yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas
eksperimen adalah 35,6 dan kelas kontrol sebesar 34,7. Sedangkan nilai rata-rata
posttest kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol sebesar 76,233. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung yaitu
,8
2963
dan ttabel yaitu
1,67155, diketahui bahwa thitung > ttabel (8,2963 >1,67155), ini berarti ditolak
dan diterima dengan taraf signifikan α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa MTs. Negeri Batu Bara T.P 2019/2020.