DSpace Repository

PENGARUH METODE 3R (REUSE, REDUCE, RECYCLE) TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 29 SUNGGAL

Show simple item record

dc.contributor.author KAMILA, TASYA
dc.date.accessioned 2023-11-23T02:49:00Z
dc.date.available 2023-11-23T02:49:00Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22594
dc.description.abstract Pendidikan adalah wadah yang dapat memberikan pengaruh taraf hidup dan kualitas manusia. Fase pendidikan dasar adalah tahap yang memiliki peranan yang cukup berharga untuk tumbuh kembang anak yang dapat mengubah taraf hidup manusia dimasa depan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 29 Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel yaitu Total Sampling dan total sampel sebanyak 24 responden. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat kreativitas siswa. Hasil observasi kreativitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sunggal sebelum menggunakan Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) diterapkan pada pembelajaran memiliki hasil skor kreativitas pada rentang perolehan nilai rata-rata 37,6. Hasil ini memiliki arti bahwa kreativitas siswa termasuk kedalam kategori sangat rendah. Hasil observasi kreativitas siswa setelah diterapkan Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) adalah seluruh siswa memiliki hasil skor kreativitas pada rentang nilai rata-rata 87,5. Hasil ini memiliku arti bahwa kreativitas siswa termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh < 0,05 sehingga H1 diterima dan memiliki arti bahwa Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) memiliki pengaruh terhadap kreativitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sunggal. Guru diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan dan memanfaatkan model- model belajar yag bisa menambah keativitas siswa dan membuat kondisi pembelajaran menjadi menarik. en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Siswa, en_US
dc.title PENGARUH METODE 3R (REUSE, REDUCE, RECYCLE) TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 29 SUNGGAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account