Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya produksi dan biaya
pemasaran sudah efektif dan efisien pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan.
Dalam Penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif, yaitu dengan cara menganalisis data dan wawancara secara langsung
dalam langkah ini penulis membandingkan teori dengan kenyataan dalam
pengendalian biaya produksi untuk meningkatkan laba perusahaan pada PTPN IV
Medan.
Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa biaya produksi dan pemasaran dalam
meningkatkan laba perusahaan pada PTPN IV Medan sudah efektif dan efisien
walaupun belum bisa meminimalisir biaya tersebut. Hal ini dapat dilihat bahwa
laba meningkat tetapi biaya mengalami penurunan dan kenaikan untuk
mendapatkan keuntungan atau laba perusahaan haruslah mengefisiensikan biayabiaya,
mengoptimalkan
dan
menjaga
kestabilan.