Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kemampuan berpikir kritis
siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penerapan model
pembelajaran yang bervariasi yang diterapkan oleh guru pada saat proses belajar
mengajar, hal ini berdampak pada rendahnya minat belajar siswa terkhusus pada
pelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana
pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa kelas 4 SDN 096 Manyabar dalam bidang studi matematika.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas 4 SDN 096 Manyabar dalam bidang studi matematika. Jenis penelitian ini
menggunakan jenis penelitian quasy eksperimen (eksperimen semu), dimana
penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja atau hanya kelas eksperimen saja
tanpa kelas kontrol dengan alasan keterbatasan populasi siswa kelas 4 yang hanya
berjumlah 20 siswa saja. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berjumlah
10 butir soal berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan
berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan atau
penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain, 80% siswa
mendapatkan nilai 50 - 100. Dilihat dari nilai signifikan sebesar ,000 < 0,05. Jadi
dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Predict Observe
Explain terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN 096 Manyabar pada
bidang studi matematika.