DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Kamal, Rabiyatul Adawiyah
dc.date.accessioned 2020-02-29T06:38:10Z
dc.date.available 2020-02-29T06:38:10Z
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/223
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan T.P. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan yang berjumlah 230 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 dengan masingmasing kelas sampel berjumlah 32 siswa yang telah ditentukan sebelumnya menggunakan teknik simple random sampling. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah pretes dan postes berbentuk soal uraian singkat terdiri dari 10 soal pada setiap tesnya dan disesuaikan dengan materi pembelajaran yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh keterangan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe make a match (pretes) menyatakan: jumlah nilai 1945; rata-rata nilai 60,8; varians 329,209; simpangan baku 18,144; dan normalitas L0 = 0,1245 < Ltabel = 0,1566 yang berarti populasi berdistribusi normal. Sedangkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe make a match (postes) menyatakan: jumlah nilai 2535; rata-rata nilai 79,2; varians 408,24; simpangan baku 20,205; dan normalitas L0 = 0,1515 < Ltabel = 0,1566 yang berarti populasi berdistribusi normal. Kedua data pretes dan postes dinyatakan homogen berdasarkan uji homogenitas Fhitung = 1,24 < Ftabel = 1,83. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh bahwa thitung = 5,788 > ttabel 1,999. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan T.P. 2019/2020. Pengaruh tersebut didukung oleh proses pembelajaran yang diupayakan efisien dan efektif dalam tiga pertemuan, yang hasilnya menyatakan bahwa keaktifan siswa dalam belajar pada setiap pertemuannya meningkat sesuai yang diharapkan. en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.subject Make A Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account