Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 5 Medan T.P. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan yang berjumlah 230 siswa,
sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 dengan masingmasing
kelas sampel berjumlah 32 siswa yang telah ditentukan sebelumnya
menggunakan teknik simple random sampling. Adapun metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah pretes
dan postes berbentuk soal uraian singkat terdiri dari 10 soal pada setiap tesnya dan
disesuaikan dengan materi pembelajaran yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis
data, diperoleh keterangan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan
berupa pembelajaran kooperatif tipe make a match (pretes) menyatakan: jumlah
nilai 1945; rata-rata nilai 60,8; varians 329,209; simpangan baku 18,144; dan
normalitas L0 = 0,1245 < Ltabel = 0,1566 yang berarti populasi berdistribusi
normal. Sedangkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan berupa
pembelajaran kooperatif tipe make a match (postes) menyatakan: jumlah nilai
2535; rata-rata nilai 79,2; varians 408,24; simpangan baku 20,205; dan normalitas
L0 = 0,1515 < Ltabel = 0,1566 yang berarti populasi berdistribusi normal. Kedua
data pretes dan postes dinyatakan homogen berdasarkan uji homogenitas Fhitung =
1,24 < Ftabel = 1,83. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji
t, diperoleh bahwa thitung = 5,788 > ttabel 1,999. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a
match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan T.P.
2019/2020. Pengaruh tersebut didukung oleh proses pembelajaran yang
diupayakan efisien dan efektif dalam tiga pertemuan, yang hasilnya menyatakan
bahwa keaktifan siswa dalam belajar pada setiap pertemuannya meningkat sesuai
yang diharapkan.