DSpace Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN ALQURAN DI SMP IT ALFITYAN SCHOOL MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, RAHAYU WIDIYA
dc.date.accessioned 2023-11-21T09:42:46Z
dc.date.available 2023-11-21T09:42:46Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22388
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini umtuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran al- qur’an kelas takhasus, apa saja metode penanaman pendidikan karakter pada pemeblajaran al- qur’an, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman pendidikan karakter pada pembelajaran al- qur’an kelas takhasus siswa SMP IT Alfityan School Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dipakai pada penelitian ini adalah observasi, interview, serta dokumentasi. Wawancara pada penelitian ini dilakukan terhadap guru takhasus al- qur’an, Kepala sekolah dan juga coordinator tahfidz. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan pada implementasi pendidikan karakter pembelajaran tahfidzul qur’an pada SMP IT Alfityan School Medan yang sudah berjalan baik dan efektif dengan menggunakan dua metode yaitu metode muraja’ah dan metode talaqqi. Kegiatan tahfidz juga ada lima yaitu; muroja’ah, setoran hafalan, Simak al- qur’an, ayat of the day, BTQ, serta mempelajari ilmu tajwid. Dengan begitu SMP IT Alfityan School Medan mampu melahirkan generasi qur’ani yang dapat dilihat dari penanaman nilai-nilai karakter pada siswa. en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Penanaman Karakter en_US
dc.title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN ALQURAN DI SMP IT ALFITYAN SCHOOL MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account