Abstract:
Tujuan penelitian ini umtuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan
karakter pada pembelajaran al- qur’an kelas takhasus, apa saja metode penanaman
pendidikan karakter pada pemeblajaran al- qur’an, serta apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam penanaman pendidikan karakter pada pembelajaran al- qur’an kelas
takhasus siswa SMP IT Alfityan School Medan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data
dipakai pada penelitian ini adalah observasi, interview, serta dokumentasi. Wawancara
pada penelitian ini dilakukan terhadap guru takhasus al- qur’an, Kepala sekolah dan
juga coordinator tahfidz. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan
pada implementasi pendidikan karakter pembelajaran tahfidzul qur’an pada SMP IT
Alfityan School Medan yang sudah berjalan baik dan efektif dengan menggunakan dua
metode yaitu metode muraja’ah dan metode talaqqi. Kegiatan tahfidz juga ada lima
yaitu; muroja’ah, setoran hafalan, Simak al- qur’an, ayat of the day, BTQ, serta
mempelajari ilmu tajwid. Dengan begitu SMP IT Alfityan School Medan mampu
melahirkan generasi qur’ani yang dapat dilihat dari penanaman nilai-nilai karakter
pada siswa.