dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode pembelajaran
Outdoor Study berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA
siswa kelas IV SD Negeri 101071 Dolok Masihul. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode Outdoor Study
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 102071 Dolok Masihul.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A Sebagai kelas
eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas control. Masing-masing kelas berjumlah
25 siswa. Desain penelitian menggunakan test berupa soal pilihan ganda yang
berjumlah 10 butir. Instrument penelitian ini berupa soal tes tentang materi IPA
peduli terhadap mahluk hidup. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas.
Uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan SPSS 26. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Outdoor Study terhadap hasil
belajar siswa dalam mata pelajara IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian
hipotesis menggunakan uji t dengan nilai t hitung = 6227 dengan harga ttabel =
2,011 untuk taraf nyata 𝛼 = 0,05 dengan nilai df = 48 menunjukkan bahwa 6227
> 2,011 atau thitung > ttabel. Hal ini dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1
diterima. |
en_US |