Abstract:
Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatkan kemampuan diskusi peserta didik
melalui penerapan model pembelajaran MIKiR. Jenis penelitian ini merupakan jenis
penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
diskusi peserta didik kelas IV SD Negeri 196 Muaro Jambi T.A 2022/2023. Penelitian
dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
Negeri 196 Muaro Jambi yang berjumlah 15 siswa. Instrument yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi aktivitas berdiskusi.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan maka siklus I pada lembar observasi guru
mendapatkan nilai 40 dan pada siklus II lembar observasi aktivitas guru mendapatkan
nilai sebanyak 90. Lalu pada lembar observasi aktivitas siswa untuk siklus I yang
tuntas sebanyak 3 siswa (20%) dan tidak tuntas sebanyak 12 siswa (80%). Lalu pada
siklus II mengalami peningkatan sebanyak 11 siswa (74%). Pada siklus I dan siklus II
terjadi peningkatan pada aktivitas dengan model MIKiR pada siswa yaitu sebanyak 14
siswa (93%). Berdasarkan hasil observasi aktivitas berdiskusi pada siklus I yan tuntas
sebanyak 3 siswa (20%) . pada siklus II hasil kemampuan diskusi siswa yang tuntas
sebanyak 12 siswa (80%). Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kemampuan
berdiskusi siswa yaitu sebanyak 12 siswa (80%) .
: