dc.contributor.author | ENDINI, MAULIDA ISNAINI | |
dc.date.accessioned | 2023-11-20T01:34:24Z | |
dc.date.available | 2023-11-20T01:34:24Z | |
dc.date.issued | 2023-11-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22163 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi kahoot efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-T3 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-T2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen . Pada kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan aplikasi kahoot. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal pilihan ganda dengan menggunakan kelas VIII-T4 sebagai uji instrument. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model konvensional dengan menggunakan aplikasi kahoot dilihat berdasarkan uji n-gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 37% tergolong rendah atau tidak efektif dan kelas eksperimen sebesar 59% tergolong sedang atau cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Kahoot Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. | en_US |
dc.subject | Efektivitas, Aplikasi Kahoot, Pemahaman Konsep Matematika | en_US |
dc.title | Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Muhammdiyah 1 Medan | en_US |
dc.type | Article | en_US |