DSpace Repository

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Muhammdiyah 1 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author ENDINI, MAULIDA ISNAINI
dc.date.accessioned 2023-11-20T01:34:24Z
dc.date.available 2023-11-20T01:34:24Z
dc.date.issued 2023-11-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22163
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi kahoot efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-T3 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-T2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen . Pada kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan aplikasi kahoot. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal pilihan ganda dengan menggunakan kelas VIII-T4 sebagai uji instrument. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model konvensional dengan menggunakan aplikasi kahoot dilihat berdasarkan uji n-gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 37% tergolong rendah atau tidak efektif dan kelas eksperimen sebesar 59% tergolong sedang atau cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Kahoot Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. en_US
dc.subject Efektivitas, Aplikasi Kahoot, Pemahaman Konsep Matematika en_US
dc.title Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Muhammdiyah 1 Medan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account