Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi kahoot
efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada
siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024.
Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-T3 berjumlah 26 siswa sebagai
kelas kontrol dan kelas VIII-T2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen . Pada
kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada kelas eksperimen
menggunakan aplikasi kahoot. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal
pilihan ganda dengan menggunakan kelas VIII-T4 sebagai uji instrument.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil
pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model konvensional
dengan menggunakan aplikasi kahoot dilihat berdasarkan uji n-gain ternormalisasi
pada kelas kontrol sebesar 37% tergolong rendah atau tidak efektif dan kelas
eksperimen sebesar 59% tergolong sedang atau cukup efektif. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Kahoot Efektif dalam
Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah
1 Medan.