Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis
deskripsi pada pembelajaran tematik dengan bantun media gambar pada kelas IV
SD Karya Bhakti II Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya didalam penerapan media gambar
pada pembelajaran menulis dekripsi. Keterampilan menulis deskripsi merupakan
sebuah kemampuan mengutarakan sebuah pikiran kedalam bahasa tulis melalui
kalimat-kalimat yang sudah dirangkai secara lengkap dan jelas denagn meliat
sebuh objek benda, tempat ataupun suasana. Guru membagikan sebuah lembar
soal kepada setiap siswa yang berisi tentang gambaran sebuah peristiwa yang
kemudian akan diungkapkan kedalam bentuk bahasa dan tulisan yang jelas
lengkap dari objek yang sudah dilihat. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan terhadap siswa kelas IV SD Karya Bhakti II Medan dapat disimpulkan
bahwasannya penggunaan media gambar adalah termasuk salah satu cara untuk
meningkatkan keterampilan menulis deskripsi para siswa kelas IV SD Karya
Bhakti II Medan, hal ini dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I
70,05 %. Dan pada siklus II 81,06% dengan selisih 80%.