Abstract:
Penelitian ini tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dikelas
IV SD Negeri 066659 Young Panah Hijau dengan menggunakan Pendekatan
Whole Language.Penelitian ini di laksanakan di Jalan Young Panah Hijau
Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan dengan
siswa kelas IV Sebanyak 25 siswa. Jenis Penelian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan
kelas merupakan suatu penelitian yang di lakukan untuk memecahkan
masalah dikelas. Menurut (Rahman, 2018-4) penelitian tindakan kelas
merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas, tempat ia mengajar
dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktik
pembelajaran. kemampuan berbicara siswa sebelum menggunakan pendekatan
whole language berdasarkan observasi dengan nilai ketuntasan siswa 28%
masih terlalu banyak siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I setelah di terapkan
nya pendekatan whole language dengan nilai ketuntasan 40%. Pada siklus II
siswa dengan sangat pesat mengalami kenaikan nilai dengan memperoleh nilai
ketuntasan 80%. Respon belajar siswa sangat tinggi dan baik setelah
menggunakan pendekatan whole language, hal ini terlihat dari meningkatnya
kemampuan berbicara siswa melalui diskusi sebelum dan sesudah
menggunakan pendekatan whole language.