Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran SAVI terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Secanggang. Metode penelitian yang
digunakan yaitu kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket
(kuisioner), observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-
tailed) lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara
menggunakan model pembelajaran SAVI dengan metode konvensional sehingga
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI berpengaruh
terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 1 Secanggang.