dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan hasil belajar siswa yang
rendah,guru kurang dalam menggunakan variasi metode, model dan media
pembelajaran, dan siswa terlihat malas dalam memperhatikan guru ketika
menjelaskan pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pelajaran
IPA kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus. Adapun jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang
terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan sampling yaitu jenuh dimana semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes yang menyangkut pre-test dan post-test. Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan
variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired sampel T-Test yang didahului
dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut
dengan menggunakan uji hipotesis Paired sampel T-Test mendapatkan hasil nilai
signifikan 0,000<0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka ini
menunjukkan bahwa Ha diterima berarti terdapat pengaruh signifikan metode
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dan Ho
ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran
kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pelajaran IPA kelas IV SD
Negeri 102019 Firdaus |
en_US |