Abstract:
Berdasarkan hasil penelitian dari “Pengaruh Media Alat Peraga Gambar Terhadap
Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negri
117513 Pulo Tarutung” terdapat hasil pretest (sebelum adanya perlakukan) pada
kelas kontrol diketahui dari 28 siswa kelas IIB terdapat 25 siswa yang tingkat
motivasi berada di bawah rata-rata dengan persentase 89%, sedangkan 3 siswa
yang tingkat motivasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 11%
dan dari hasil posttest (sesudah adanya perlakuan) pada kelas eksperimen
diketahui bahwa dari 28 siswa kelas IIA terdapat 16 siswa yang tingkat motivasi
berada di bawah rata-rata dengan persentase 57%, sedangkan 12 siswa yang
tingkat motivasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 43%. Hasil
pengujian hipotesis diperoleh signifikansi 0,001 yang merupakan kurang dari taraf
signifikan 𝛼 = 0,05, atau 0,001 < 0,05, maka sesuai dengan pengambilan
keputusan, jika nilai signifikan (2-tailed) kurang dari ɑ = 0,05 maka Ha diterima
dan Ho di tolak. Oleh karena itu dalam penelitian ini, H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata
nilai sebelum perlakuan dengan rata-rata nilai setelah perlakuan. Pada uji hipotesis
diperoleh Thitung negatif yaitu -2.759 yang artinya motivasi belajar siswa sebelum
perlakuan lebih rendah daripada motivasi belajar setelah adanya perlakuan.
Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh
Media Alat Peraga Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negri 117513 Pulo Tarutung”.