Abstract:
Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan
adapun masalah dalam penelitian ini disekolah MTs Nahdatul Islam yaitu
kurangnya siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan ilmu tajwid
dan rendahnya siswa dalam membaca Al-Qur’an. Dengan adanya penerapan
metode Qiro’ati One Day One Page bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pengaruh metode tersebut terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an di kelas VII MTs
Nahdatul Islam Mancang.
Hasil yang diperoleh adalah dalam pengujian yang dilakukan, hipotesis
memberikan pernyataan, yaitu apabila signifikansi (2-talled) < 0,05 menunjukkan
adaya perbedaan / Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan apabila signifikansi (2alled)
> 0,05 tidak adanya perbedaan/ Ho diterima dan Ha ditolak. Maka
berdasarkan hasil uji T pada data post-test tersebut menunjukaan bahwa hasil
metode One Day One Page pada kegiatan bacaan Al-Qur’an pada kelas
ekperimen bersignifikan .000 < 0,05 dapat disimpulkan Ha diterima sedangkan
hasil uji T pada data pre-test menunjukan .021 < 0,05 disimpulkan Ho diterima.
Demikian diketahui bahwa terdapat hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang
signifikan dari kelas yang mendapatkan perlakuan penggunaan metode One Day
One Page dengan kelas yang tidak menggunakan metode One Day One Page.