DSpace Repository

Analisis Metode Takrir dalam Menghafal Al-Qur‟an di Ma‟had Tahfiz Al-Qur‟an Bir Walidain Medan Labuhan

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Faisal Tammim
dc.date.accessioned 2023-11-17T01:29:25Z
dc.date.available 2023-11-17T01:29:25Z
dc.date.issued 2023-11-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22072
dc.description.abstract Menghafal al-Qur‟an atau yang lebih dikenal dengan sebutan Taḥfȋẓ. Banyaknya orang yang menghafal Al-Qur‟an merupakan sebuah usaha untuk menjaga kemurniannya serta mengajak orang-orang untuk mengamalkan apa yang sudah diperintahkan dalam Al-Qur‟an. Orang yang menghapal Al-Qur‟an memiliki kedudukan yang paling mulia dan terpuji bagi Allah SWT. Seseorang yang sering menghafal Al-Qur‟an maka dia akan sehat baik jiwa maupun raganya. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif, karena itu metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan konten analisis. Metode kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini untuk memahami, mengawasi suatu makna suatu peristiwa situasi sosial, tingkah laku manusia dan latar belakang secara holistik-kontekstual.Berdasarkan observasi penulis di lapangan pada tahap menyetorkan hafalan, guru menerapkan metode takrir yaitu santri mengulang ulang hafalan dan menyetorkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru atau pembimbing secara bergantian. Faktor pendukung metode takrir ialah Guru/ustazah, guru memiliki peran yang cukup besar dan faktor penghambat metode takrir ialah Kondisi siswa, kondisi pendidik menjadi faktor penghambat yang cukup serius. Dengan adanya metode Takrir, setiap santri diharapkan benar-benar melaksanakan metode tersebut dengan istiqomah yang baik dan sungguh-sungguh serta meningkatkan kedisiplinan dalam setoran maupun tasmi'' (berkelompok). Karena dengan adanya rasa tanggung jawab dan disiplin dari masing-masing santri, itulah yang dapat mengoptimalkan dari pelaksanaan metode Takrir. Dengan demikian akan tercapai apa yang dimaksud en_US
dc.subject Metode Takrir, Menghafal, Al-Qur„an en_US
dc.title Analisis Metode Takrir dalam Menghafal Al-Qur‟an di Ma‟had Tahfiz Al-Qur‟an Bir Walidain Medan Labuhan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account