DSpace Repository

Manajemen Program Tuntas Baca Al-qur’an Dengan Metode Asy-Syafii di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-qur’an Santri di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar.

Show simple item record

dc.contributor.author Fadillah, Fajar
dc.date.accessioned 2023-11-16T11:03:44Z
dc.date.available 2023-11-16T11:03:44Z
dc.date.issued 2023-09-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22047
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar, dan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran tuntas baca Alqur’an serta mengetahui kendala-kendala yang dapat menghalangi kemajuan dari program tersebut sehingga dapat mengatasi kendala-kendala yang menghambat kemajuan dari pembelajaran tuntas baca Alqur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (lapangan) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh dengan observasi dan wawancara. Adapun hasil temuan penelitian yang langsung diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa manajemen program tuntas baca di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar sudah dilaksanakan sebaik mungkin sebagaimana mestinya fungsi dari manajemen yang dilaksanakan tersebut, yaitu melalui langkah perencanaan, adapun langkah dari perencanaan tersebut dimulai dari melaksanakan rapat guru, kegiatan penerimaan santri baru, penentuan kelas dan pengajar serta pelaksanaan ujian (evaluasi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Manajemen program tuntas baca Alqur’an untuk meningkatkan kualitas bacaan Alqur’an santri di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar sudah cukup baik yaitu sesuai dengan beberapa karakter dari tahap perencanaan, adapun pelaksanaan kegiatannya sendiri memiliki beberapa pelaksanaan baik itu bentuk ataupun metode, yaitu pelaksanaan pembelajaran program tuntas baca Alqur’an yang memiliki beberapa tahapan dalam pelaksanaannya, seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun metode dalam pembelajaran tahsin tersebut menggunakan metode Asy Syafii, dimana menurut hasil wawancara dengan santri dan ustadz mengatakan metode Asy-Syafii sangat efektif untuk perbaikan bacaan, karena dapat praktek langsung dan diperbaiki langsung oleh ustadz. Dalam pelaksanaannya sendiri memiliki dua evaluasi pembelajaran, evaluasi setiap pembelajaran berlangsung dan evaluasi bulanan, evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui progres santri dalam pembelajaran tuntas baca Alqur’an tersebut. Akan tetapi sangat disayangkan waktu pembelajaran yang sangat terbatas hanya Sembilan puluh menit saja untuk santri sebanyak 15 siswa, sehingga setiap santri hanya mendapatkan jatah perbaikan bacaan selama 3 menit per orangnya. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Tuntas Baca Alqur’an en_US
dc.subject Metode Asy-Syafii en_US
dc.title Manajemen Program Tuntas Baca Al-qur’an Dengan Metode Asy-Syafii di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-qur’an Santri di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account