Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
video animasi berbasis kearifan lokal siswa kelas V SD Al-Hidayah,
mengetahui kevalidan media serta kepktisan yang diketahui respon dari guru dan
siswa dengan adanya media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang
digunakan ialah Research and Development (R&D) Penelitian atau penelitian dan
pengembangan menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan
dalam penelitian ini meliputi: potensi dan pertanyaan, pengumpulan data, desain
produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil
dari penelitian ini adalah media video animasi yang dikembangkan berdasarkan
kearifan lokal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan dengan model
Borg and Gall dinyatakan efektif. Berdasarkan tingkat keefektifan media
pembelajaran video animasi native penelitian, antara lain : 1) ahli media
memperoleh presentase 95,31% dengan kategori “sangat valid”, 2) ahli bahasa
memperoleh presenase 93,75% dengan kategori “sangat valid”, 3) ahli materi
memperoleh presentase 95% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian
kepraktisan media dari guru memperoleh 92,5% dengan kategori “sangat praktis”
serta siswa yang didapatkan dari uji kepraktisan memperoleh presentase 91,6%
dengan kategori “sangat praktis”.