Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kemampuan membacanya
masih belum lancar dan masih terbata-bata sehingga siswa belum mampu
membaca dengan lancar dan belum menguasai tanda baca. Tujuan dari peneitian
ini untuk mengatahui pengaruh media kartu kata bergambar terhadap keterampilan
membaca siswa di kelas II SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota
Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 020617
Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai kelas II yang berjumlah 50 siswa. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu
kelas II A sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa dan kelas II B sebagai kelas
eksperimen berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian ini dengan menggunakan
lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat
(uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar berpengaruh terhadap
keterampilan membaca siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test)
diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan
H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh media kartu kata bergambar terhadap
keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai
Selatan Kota Binjai. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah
diberikan perlakuan menggunakan media kartu kata bergambar di kelas
eksperimen yaitu 88,88. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa
diberikan media kartu kata bergambar yaitu 66,64. Sehingga siswa yang mendapat
perlakuan dengan menggunakan media kartu kata bergambar memiliki rata-rata
yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media kartu kata
bergambar.