dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa
Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada
Pembelajaran IPS Di kelas IV SD Negeri 101947 Tanjung Buluh. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan sebanyak 2
siklus. Siklus I dan siklus II. Dimana objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 101947 Tanjung Buluh dengan jumlah siswa 20 orang. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemandirian belajar,
aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan kemandirian belajar siswa berdasarkan aktivitas guru dan siswa pada
saat proses pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 71,57%
meningkat menjadi 80,71% pada siklus II. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada
siklus I yaitu 68% meningkat menjadi 74,4% sedangkan ketuntasan hasil kemandirian
belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata memperoleh nilai
66,6% (baik) meningkat menjadi 81,2% (sangat baik) pada siklus II. Dengan
demikian penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemandirian
belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 101947 Tanjung buluh. |
en_US |