DSpace Repository

Analisis Perbandingan Peran BK di Sekolah Ramah Anak pada Siswa SMP Negeri 38 Medan dengan SMP Sinar Husni Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanah, Anisa
dc.date.accessioned 2023-11-11T05:35:42Z
dc.date.available 2023-11-11T05:35:42Z
dc.date.issued 2023-09-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21768
dc.description.abstract Guru bimbingan konseling adalah seorang guru yang bertugas memberikan bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan professional sehingga seorang guru bimbingan konseling harus berusaha menciptakan komunikasi yang baik dengan murid dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup. Peran guru BK sangat berpengaruh terhadap tercapainya kemandirian maupun pengembangan karakter peserta didik serta pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara Peran BK di Sekolah Ramah Anak Pada Siswa SMP Negeri 38 Medan dengan dengan SMP Sinar Husni Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 38 Medan dengan SMP Sinar Husni Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model rating scale. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji t. Temuan penelitian ini: (1) menurut perspektif siswa terhadap peran BK di SMP Negeri 38 Medan, siswa secara rata-rata berada pada kategori sangat tinggi, (2) menurut perspektif siswa terhadap peran BK di SMP Sinar Husni Medan, siswa secara rata-rata berada pada kategori sedang, dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara perspektif siswa terhadap peran BK pada sekolah ramah dengan sekolah konvensional. en_US
dc.subject Peran BK, Sekolah Ramah Anak en_US
dc.title Analisis Perbandingan Peran BK di Sekolah Ramah Anak pada Siswa SMP Negeri 38 Medan dengan SMP Sinar Husni Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account