Abstract:
Guru bimbingan konseling adalah seorang guru yang bertugas memberikan
bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan professional sehingga
seorang guru bimbingan konseling harus berusaha menciptakan komunikasi yang
baik dengan murid dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup. Peran guru
BK sangat berpengaruh terhadap tercapainya kemandirian maupun pengembangan
karakter peserta didik serta pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta
didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang
signifikan antara Peran BK di Sekolah Ramah Anak Pada Siswa SMP Negeri 38
Medan dengan dengan SMP Sinar Husni Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 38 Medan
dengan SMP Sinar Husni Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik
purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model rating scale. Tujuan
penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase. Selanjutnya,
tujuan ketiga dianalisis dengan uji t.
Temuan penelitian ini: (1) menurut perspektif siswa terhadap peran BK di
SMP Negeri 38 Medan, siswa secara rata-rata berada pada kategori sangat tinggi,
(2) menurut perspektif siswa terhadap peran BK di SMP Sinar Husni Medan,
siswa secara rata-rata berada pada kategori sedang, dan (3) Terdapat perbedaan
yang signifikan antara perspektif siswa terhadap peran BK pada sekolah ramah
dengan sekolah konvensional.