dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmediainteraktif berbasis animasi terhadap kemampuan membacasiswakelas Ⅱ-D SD Muhammadiyah 08 Medan. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen dengan rancangan kelompok onegrouppretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswakelas Ⅱ-D SD Muhammadiyah 08 Medan yang berjumlah 30orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu samplingjenuhdimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknikpengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkanhasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakanmediainteraktif berbasis animasi lebih tinggi dibandingkan nilai rata-ratasiswa tanpa menggunakan media interaktif berbasis animasi yaitu230,75 banding 396,75. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelummenggunakan media interaktif berbasis animasi 32. Nilai tertinggi
yang diperoleh siswa sesudah menggunakan media interaktif
berbasis animasi adalah 53. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (PairedSample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan diterimadanditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengandemikian terdapat pengaruh media interaktif berbasis animasi
terhadap kemampuan membaca siswa kelas Ⅱ-DSDMuhammadiyah 08 Medan. |
en_US |