Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam
menggunakan bahan ajar yang menyenangkan dan kurangnya kesopanan
siswa dalam mengikuti perintah guru mengenai ajaran agama sehingga
siswa sulit menerima materi yang disampaikan oleh guru dan acuhnya siswa
dalam mengamalkan ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk 1)
Mengetahui bagaimana pengembangan Modul IPS Bernilai Islami Materi
Keragaman pada siswa kelas IV SD Setia Nurul Azmi Medan. 2)
Mengetahui apakah Modul IPS Bernilai Islami Pada Materi Keragaman ini
memenuhi kriteria Valid dan 3) Mengetahui apakah Modul IPS Bernilai
Islami Pada Materi Keragaman ini memenuhi kriteria Praktis. Penelitian ini
menggunakan model Research and Develpoment (R & D). Populasi dalam
penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IV SD Setia Nurul Azmi Medan. Pada
penelitian ini peneliti menggunakan instrument Angket yaitu berupa
Lembar angket validasi dan lembar angket kepraktisan. Penelitian ini
menghasilkan Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman. Hasil
penelitian Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman yang
dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (Penilaian ahli materi
mendapatkan nilai 43 dengan presentase 95,5 %, untuk penilaian ahli media
mendapatkan nilai 55 dengan presentase 100%, Penilaian ahli bahasa
mendapatkan nilai 42 dengan presentase 93,3% dan penilaian ahli nilai
keislaman mendapatkan nilai 51 dengan presentase 92,7%) dan sangat
praktis (Penilaian respon guru mendapatkan nilai 60 dengan presentase
92,3%, dan penilaian uji coba kelompok kecil 20 siswa mendapatkan nilai
10,394 dengan presentase 94,4%). Hal tersebut menunjukkan bahwa Modul
IPS Bernilai Islami Materi Keragaman telah memenuhi kriteria valid dan
memenuhi kriteria praktis sehingga dapat diterapkan pada tingkatan sekolah
dasar.