Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan
metode konvensional dan menggunakan media pembelajaran seadanya. Masih
memanfaatkan buku Teks dan Buku LKS. Tujuan penelitian ini adalah (1)
mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains upaya pelestarian sumber
daya alam dan lingkungan kelas IV, (2) mengetahui tingkat kevalidan modul
pembelajaran IPA berbasis etnosains upaya pelestarian sumber daya alam dan
lingkungan kelas IV, (3) mengetahui tingkat kepraktisan modul pembelajaran IPA
berbasis etnosains upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan kelas IV. Dasar
penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D)
dengan desain ADDIE, tahapan yang dilalui antara lain, analysis, design, development,
implementation dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul
pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi upaya pelestarian sumber daya alam
dan lingkungan di kelas IV. Berdasarkan validasi terhadap modul pembelajaran IPA
berbasis etnosains 95,8% untuk ahli materi, 95% untuk ahli media, 96,8% untuk ahli
bahasa, artinya modul pembelajaran IPA berbasis etnosains kriteria sangat layak. Hasil
kepraktisan terhadap modul pembelajaran IPA berbasis etnosains untuk respon guru
84% dan untuk respon siswa 86,4%, artinya modul pembelajaran IPA berbasis
etnosains kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
modul pembelajaran IPA berbasis etnosains telah dinyatakan sangat layak dan sangat
praktis.